Makalah 1 Analisis SKL

Posted by Arif Ediyanto in -


I.             PENDAHULUAN
Dalam proses pembelajaran di kelas terdapat keterkaitan yang erat antara guru, peserta didik, kurikulum, sarana dan prasarana. Guru mempunyai tugas untuk memilih pendekatan dan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pendidikan. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru matematika di dalam kelas sangat berpengaruh terhadap peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik. Selama ini hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran matematika dapat dikatakan belum berhasil jika dibanding dengan mata pelajaran lain. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya strategi yang digunakan oleh guru. Ujian Nasional Tahun 2010 perlu disikapi secara seriusoleh  seluruh elemen pendidikan baik itu siswa, guru, tenaga pendidik, dan tentu saja dinas pendidikan. Agar diperoleh hasil yang memuaskan dalam Ujian Nasional diperlukan berbagai persiapan yang matang, strategi yang tepat dan terencana. Terlebih lagi berdasarkan UU no 75 Tahun 2009 telah menyatakan bahwa Ujian Nasional dilaksanakan lebih maju dari biasanya yakni pada bulan Maret.
Upaya peningkatan kualitas pendidikan nasional perlu dilakukan optimali fungsi semua komponen pendidikan. Komponen-komponen tersebut meliputi kurikulum, guru dan tenaga kependidikan lainnya, siswa, sarana prasarana dan dana serta lingkungan serta pihak-pihak yang bertaggung jawab dalam pendidikan. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut diperlukan sumber daya manusia  yang berkarakter yaitu manusia yang memiliki pengetahuan tentang alat, sumber daya, dan proses, dimana pengetahuan tersebut dijadikan muatan hati nurani, dihayati dan dipraktekkan dalam kehidupan sehingga dapat meningkatkan kinerja dalam rangka meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Unsur-unsur manusia yang dapat dikembangkan meliputi daya pikir, daya kalbu, dan daya pisik. Proses pengembangan manusia ini  dilakukan melalui tahap kesadaran, penjajagan, orientasi, dan penyiapan. Pengembangan manusia ini dapat di tempuh melalui kegiatan-kegiatan workshop/ pelatihan. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dalam hal ini dapat mengakomodasi sebuah kegiatan semacam workshop untuk lebih mematangkan persiapan guru dalam menyiapkan siswa-siswinya menghadapi UN. Bentuk workshop ini salah satunya ditekankan untuk melakukan analisis terhadap Standar Kompetensi Lulusan yang harus dicapai oleh siswa.
Analisis SKL adalah sebuah langkah awal yang penting dan menentukan dalam menyikapi UN. Hal ini dilakukan supaya prediksi soal-soal yang akan keluar di UN 2010 lebih tajam dan tepat sasaran. Diharapkan juga dengan analisis ini berbagai tipe dan bentuk soal yang disajikan, dapat memprediksi soal-soal yang hendak dikeluarkan dalam UN. Tentu saja harapan ke depan adalah hasil UN dari siswa-siswi kita mampu mencapai titik optimal.

II.          KAJIAN PUSTAKA
1.            Standar Kompetensi Lulusan

Standar Kompetensi Lulusan adalah salah satu dari delapan standar nasional pendidikan sebagaimana tertuang dalam Bab II pasal 2 (1) Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Standar Kompetensi Lulusan adalah bagian dari standar nasional pendidikan yang merupakan kompetensi lulusan minimal yang berlaku di wilayah hukun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan adanya Standar Kompetensi Lulusan, kita memiliki patok mutu, baik evaluasi bersifat mikro seperti kualitas proses dan kualitas produk pembelajaran, maupun evaluasi makro seperti efektifitas dan efisiensi program pendidikan, sehingga ke depan pendidikan kita akan melahirkan standar mutu yang dapat dipertanggungjawabkan pada setiap jalur, jenis dan jenjang pendidikan. Standar Kompetensi Lulusan selanjtunya dijabarkan ke dalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran.
Standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan menengah kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahklak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya. Standar Kompetensi Lulusan ini meliputi standar kompetensi lulusan minimal satuan pendidikan dasar dan menengah, standar kompetensi lulusan minimal kelompok mata pelajaran, dan standar kompetensi lulusan minimal mata pelajaran.
a.          Matematika Kelompok Seni, Pariwisata, dan Teknologi Kerumahtanggaan SMK/MAK
  1. Memahami konsep operasi bilangan riil serta penerapannya dalam pemecahan masalah 
  2. Memahami sistem persamaan linier, pertidaksamaan linier, dan persamaan kuadrat, serta penerapannya dalam pemecahan masalah
  3. Memahami konsep matriks dan penerapannya dalam pemecahan masalah yang terkait dengan matriks
  4. Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dan penerapannya dalam pemecahan masalah
  5. Memahami konsep barisan dan deret dan penerapannya dalam pemecahan masalah
  6. Memahami konsep kedudukan, jarak, dan besar sudut dalam ruang dimensi dua dan penerapannya dalam pemecahan masalah
  7. Memahami konsep statistik sederhana dan penerapannya dalam pemecahan masalah
  8. Mengapresiasi kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah
  9. Menalar secara kritis dan mengembangkan aktivitas kreatif dalam memecahkan masalah serta mengkomunikasikan ide
  10. Menerapkan Matematika sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif dan pengembangan diri

b.         Matematika Kelompok Sosial, Administrasi Perkantoran dan Akuntasi SMK/MAK
     1. Memahami konsep operasi bilangan riil serta penerapannya dalam pemecahan masalah
     2. Memahami sistem persamaan linier, pertidaksamaan linier, dan persamaan kuadrat,
         serta penerapannya dalam pemecahan masalah
3.   Memahami logika matematik dalam pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor serta penerapannya dalam pemecahan masalah
4.    Memahami konsep matriks dan penerapannya dalam pemecahan masalah yang terkait dengan matriks
5.            Memahami konsep barisan dan deret dan penerapannya dalam pemecahan masalah
6.            Memahami konsep kedudukan, jarak, dan besar sudut dalam ruang dimensi dua dan penerapannya dalam pemecahan masalah
7.            Memahami konsep teori peluang dan penerapannya dalam pemecahan masalah
8.            Memahami konsep statistik sederhana dan penerapannya dalam pemecahan masalah
9.            Memahami konsep matematika keuangan dan penerapannya dalam pemecahan masalah
10.        Menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah
11.        Menalar secara kritis dan mengembangkan aktivitas kreatif dalam memecahkan masalah serta mengkomunikasikan ide
12.        Menerapkan Matematika sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif dan pengembangan diri
c.          Matematika Kelompok Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian SMK/MAK
1.            Memahami konsep operasi bilangan riil serta penerapannya dalam pemecahan masalah
2.            Memahami konsep aproksimasi kesalahan serta penerapannya dalam pemecahan masalah
3.            Memahami sistem persamaan linier, pertidaksamaan linier, dan persamaan kuadrat, serta penerapannya dalam pemecahan masalah
4.            Memahami logika matematik dalam pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor serta penerapannya dalam pemecahan masalah
5.            Memahami konsep matriks dan penerapannya dalam pemecahan masalah yang terkait dengan matriks
6.            Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dan penerapannya dalam pemecahan masalah
7.            Memahami konsep persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat dan penerapannya dalam pemecahan masalah
8.            Memahami konsep barisan dan deret dan penerapannya dalam pemecahan masalah
9.            Memahami konsep kedudukan, jarak, dan besar sudut dalam ruang dimensi dua dan penerapannya dalam pemecahan masalah
10.        Memahami konsep vektor dan penerapannya dalam pemecahan masalah
11.        Memahami konsep teori peluang dan penerapannya dalam pemecahan masalah
12.        Memahami konsep statistik sederhana dan penerapannya dalam pemecahan masalah
13.        Memahami konsep irisan kerucut dan penerapannya dalam pemecahan masalah
14.        Memahami konsep limit fungsi dan turunan fungsi dan penerapannya dalam pemecahan masalah
15.        Memahami konsep integral dan penerapannya dalam pemecahan masalah
16.        Menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah
17.        Menalar secara kritis dan mengembangkan aktivitas kreatif dalam memecahkan masalah serta mengkomunikasikan ide
18.        Menerapkan Matematika sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif dan pengembangan diri


Daftar Pustaka

…….. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Buku 3. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

…….. 2007. Panduan Penulisan SoalPilihan Ganda. Jakarta : Balitbang Departemen Pendidikan Nasional.

Ainun Salim dan Nuraeni Ekaningrum.2006. Tes Tertulis .Jakarta : Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Departemen Pendidikan Nasional.

Permendiknas No. 23 Tahun 2006

Blogroll

Partners

About